Jurnal Dwimingguan Modul 1.3 PGP.10
JURNAL DWIMINGGUAN
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 10
Pada refleksi
dwimingguan modul 1.3 ini, saya akan menuliskan perjalanan kegiatan saya dalam
kegiatan Visi Guru Penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan ini adalah sebuah
tulisan refleksi selama saya melaksanakan kegiatan Guru Penggerak baik bersama
Instruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik, Rekan sejawat Guru Penggerak
Angkatan 10 maupun kegiatan mandiri saya dalam mengerjakan tugas pribadi
saya.
Jurnal dwimingguan
merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap Calon Guru Penggerak,
yang merupakan tugas mandiri salah satu kewajiban yang harus dikerjakan sebagi
bukti telah melaksanakan segala proses kegiatan sampai pada menyelesaikan tugas
pada setiap modul
Dalam penulisan
Jurnal Dwimingguan saya menggunakan model 4P
1 . Peristiwa (Fact)
2. Perasaan (Feeling)
3. Pembelajaran ( Findings)
4. Penerapan (Future)
Saya akan mencoba
merefleksikan semua kegiatan melalui model P dengan berbagi cerita pengalaman
positif yang saya dapatkan selama dua minggu, melaksanakan kegiatan Guru
Penggerak.
1. Peristiwa (Fact)
Setelah saya
mempelajari modul 1.1. tentang refleksi Filsofis Pendidikan Nasional (Ki Hajar
Dewantara) dan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Setelah
itu saya bersama teman-teman Calan Guru Penggerak Angkatan 10 mulai mempelajari
modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak secara daring menggunakan LMS Pendidikan
Guru Penggerak, kegiatan ini menggunakan alur MERDEKA yaitu:
1.
Mulai
dari diri
Saya
mulai mempelajari modul 1.3 dengan membuka tautan mulai dari diri. Disini saya
mendapatkan tugas untuk membuat gambaran imajiku tentang murid di masa depan.
Saya harus membuat satu gambar mengenai murid yan saya dambakan 5-10 tahun
mendatan. Saya juga menjelaskan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah
sesuai dengan cita-cita saya. Saya menceritakan sisi positif dan negative yang
pernah saya alami selama saya di bangku sekolah.
Tugas
ini dapat dilihat pada link dibawah ini:
https://drive.google.com/file/d/1tirU4ydJypOs6e-vtXIaGtEihZMQX9I5/view?usp=sharing
Pada
kegiatan Mulai dari diri saya juga memiliki impian murid saya 5-10 tahun
kedepan. Bagaimana saya mengimajinasi sosok murid impian agar menajdi murid
yang terus berpedoman pada Profil Pelajar Pancasila.
2.
Eksplorasi
Konsep
Pada
kegiatan Eksplorasi konsep saya diberi pengantar tentang paradigm Inquiri
Apresiatif. Di bagian pengantar, saya juga diberi puisi pemantik yang berjudul
“Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu saya mempelajari materi tentang
“Berpikir Strategis”, Inquiri Apresiatifsebagai paradigma. IA sebagai pendekatan
Manajemen perubahan (BAGJA) dan amati-tiru-modifikasi
Tugas
ini dapat dilihat pada link dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/11NnC_OzAZi8eqBmO0OMlAJz3B2MxkYJp/view?usp=sharing
3.
Ruang
Kolaborasi
Ruang
kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan
anggota kelompok yang dipandu oleh fasilitator yaitu Ibu Maria Kristina
Yosefina Wonga Wea dan ruang kolaborasi yang kedua adalah bagian presentasi
hasil diskusi kelompok. Semua itu dilakukan di dalam Google meet.
Pada
ruang kolaborasi ini, kami dibagi menjadi 2 kelompok dan saya berada di
kelompok dua bersama Bapak Amaldeus Tani Dosi, Bapak Abdullah Hasan, Ibu Maria
Goreti Adelheid Wangi, Ibu Maria Yosefina Senimas, Ibu Agustina Maria Fatima.
Didalam
kelompok ini kami diminta membuat atau menyusun rencana BAGJA dari kalimat
Prakarsa Perubahan. Agar kelompok kami kompak saya membuat kegiatan ruang
kolaborasi mengundang teman-teman dalam diskusi di google meet.
Tugas
ini dapat dilihat pada link dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1yAziAclGukPDP5YA_nnSbBVS0bbpQ4Kt/view?usp=sharing
4.
Demonstrasi
Kontekstual
Pada kegiatan Demonstrasi kontekstual saya mendapatkan
tugas tentang penerapan inkuiri apresiatif dengan membuat Prakarsa perubahan
dengan tahapan BAGJA. Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat
diakses melalui tautan berikut:
https://drive.google.com/file/d/1nMzSJAOQmRYvixVOKQSaBYsWu0Djd2Fp/view?usp=sharing
5.
Elaborasi Pemahaman
Pada kegiatan elaborasi pemahaman saya ditugaskan untuk
memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul
1.3. Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan konsep modul
1.3 adalah:
Pada Modul 1.2 saya mendengarkan penguatan dari
Instruktur Bapak Faisal Bahar bagaimana saya sebagai Guru penggerak menjadi
agen perubahan harus memiliki dan memahami Nilai dan Peran Guru Penggerak
Pada Modul 1.3 saya mendengarkan penguatan dari Bapak Karyat
Heryana bagaimana saya mengamati peran kartun Bernad pada saat mempunyia mimip
untuk menuju puncak gunung es dan tantangan yang dihadapi, seorang anak kecil
yang berperan untuk menggerakan hati orang banyak untuk mendorong kayu yang
sedang berada di tengah jalan. Dan dari kedua cerita membangun imajinasi saya
bagaimana cara saya sebagai Guru Penggerak membangun relasi dan komunikasi
dalam sekolah untuk mewujudkan apa yang menjadi sebuah cita-cita yang tertuang
dalam visi saya sebagai Guru Penggerak. Didalam membangun relasi kita harus
menerapkan pendekatan berbasis kekuatan untuk menciptakan keselarasan.
Perubahan kita menggunakan prinsip TRIKON yakni kontinyu,
konvergen, konsentris. Menjelaskan tentang IA, ATAP dan BAGJA bagaimana agar semua yang sudah tertuang
dalam BAGJA kita harus membuat lingkaran pengaruh yakni relasi, komunikasi,
kolaborasi, kontribusi.
6.
Koneksi Antar Materi
Pada kegiatan koneksi antar materi saya mengaitkan
filsofi Ki Hajar Dewantara pada modul 1.1,
Nilai dan Peran saya sebagai guru penggerak pada modul 1.2, dan modul
1.3 membuat Visi sesuai dengan profil pelajar Pancasila pada murid-murid dengan
paradigma Inkuiri Apresiatif.
Pada modul 1.3 saya merumuskan Visi saya sesuai dengan
nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak
https://drive.google.com/file/d/1LuUtpJ__OiI-tEI_K7UQes_vbR13ZXng/view?usp=sharing
7.
Aksi Nyata
Pada kegiatan aksi nyata, saya melakukan perubahan
Prakarsa Perubahan untuk mewujudkan
pesertadidik yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan visi yang
sudah saya buat dalam Guru Penggerak. Dan kegiatan aksi nyata akan dipantau
oleh Ibu Pengajar Pratik Ibu Yosephina Y. Lando.
2. Perasaan (Feeling)
Selama saya mempelajari modul 1.3, saya merasakan
perasaan bahagia, bangga, semangat, dan tentunya tertantang. Saya bangga karena
saya direspon Instruktur Bapak Karyat Heryana
pada saat raise hand untuk bisa menjawab cerita Bernard yang merangsang
imajinasi saya untuk berpikir. Saya bisa lebih paham apa itu Inkuiri
Apresiatif, Prakarsa Perubahan dan tahapan BAGJA.
Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk
mempelajari materi yang sangat luarbiasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang
karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi
tentang pembuat prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA. Saya sangat tertantang
dengan tugas - tugas diberikan di sela-sela kesibukan saya sebagai guru di
sekolah dan Ibu rumahtangga di rumah. Ibu fasilitator Ibu Risna Wonga
Wea sangat ramah dan sangat detail memperhatika setiap tugas-tugas yang diberikan,
selain detail Ibu Risna juga selalu memberikan informasi setiap tugas yang
belum diselesaikan atau tanggal due date agar kami di tengah kesibukan mampu
mengatur manajemen waktu dalam mengerjakan tugas.
Pada Lokakarya 1 kami dibuka oleh BGP Provinsi Bapak Jimi
Balo katakan selamat sudah masuk pada tahap lokakarya 1 masih ada banyak
kegiatan pada lokakarya berikut agar Bapak/Ibu CGP terus menjaga kesehatan dan
semua tugas dikerjakan, setiap kegiatan harus disertai dengan foto kegiatan
sejak dalam perjalanan menggunakan kendaraan sampai pada titik lokasi kegiatan maupun
tempat penginapan untuk dijadikan bukti pada laporan kegiatan BGP. Kepala Dinas
Kabupaten Ende yang diwakili oleh Ibu Kepala Bidang GTK Ibu Mery Wogha yang
menekankan pada kami Guru Penggerak agar terus melakukan perubahan dalam dunia
pendidikan. Kami bertemu dengan CGP angkatan 10 dengan Bapak/Ibu Pengajar
Praktik yang luar biasa kreatif dan inovatif dalam kegiatan Loka Karya 1
Pendidikan Guru Penggerak yang bertempat di SMPN 2 Ende. Dalam
memaparkan materi dan ice breaking kami begitu merasa bahagia, banyak hal yang kami
dapat tentang materi Komunitas Praktisi sebagai Pengembangan Profesional Guru. Di
dalam Kelas kami bersama tiga Pengajar Praktik Bapak Jhon Gunar, Ibu Oshin
Lando dan Ibu Erin Meku bersama 18 orang teman CGP Angkatan 10 dari kelompok
ketiga Pengajar Praktik.
3. Pembelajaran (Finding)
Di Modul 1.3 saya mendapatkan materi tentang paradigma
Inkuiri Apresiatif (IA) yakni pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif
dan berbasis kekuatan. Pendekatan IA dimulai dengan menggali hal-hal positif,
keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki komunitas kita
tuangkan dalam ATAP. Saya juga mempelajari BAGJA sebagai suatu kegiatan dalam
manajemen perubahan. Adapun tahapan dalam BAGJA
Ø Buat
pertanyaan utama
Ø Ambil
pelajaran
Ø Gali
mimpi
Ø Jabarkan
rencana
Ø Atur
eksekusi
4. Penerapan (Future)
Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak, saya termotivasi
untuk menjadi bagian perubahan dalam dunia pendidikan. Dan paling pertama Mulai
dari Diri saya sendiri untuk melakukan hal baik dalam menentukan prakarsa
perubahan guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan saya harus
menjadi pemimpin pembelajaran yang selalu menggunakan pendekatan berbasis
kekuatan atau potensi agar tujuan pendidikan dapat tercapai
sejalan dengan pemikiran Filsofi Ki Hajar Dewantara yaitu mewujudkan murid agar
mencapai keselamatan dan kebahagiaan.
Saya menerapkan IA untuk melaksanakan manajemen perubahan di sekolah
saya. Saya membuat prakarsa perubahan
untuk mendorong peningkatan kualitas pembelajaran sesuai dengan Profil Pelajar
Pancasila. Saya juga harus mampu berkolaborasi dengan Kepala sekolah, rekan
sejawat dalam rangka merevisi rumusan Visi sekolah yang diharapkan
bercermin pada profil pelajar pancasila.
Terimakasih
Tergerak, Bergerak, dan
Menggerakan
Salam Guru
Penggerak
Terbaikkk. Semangat selalu bu guru. Nanti bantu jadi tutor untuk kami tentang pembuatan blog yah.
BalasHapusSiap Pak Aldo
HapusTerima kasih ibu guru.. Jurnalnya menginspirasi saya untuk tergerak menjadi guru penggerak...
BalasHapusTerimakasih Ibu Tini. Salam ke SMKN 7
HapusLuar biasa ibu Denis 👍🏻 semangat dalam tugas dan pelayanan dengan kasih
BalasHapusTerimakasih Ibu Senimas
HapusSemangat selalu ibu, refleksinya sangat bagus
BalasHapus